Saturday, February 14, 2009

Batok Kelapa untuk Obat Sakit Gigi

Selama ini batok kelapa lebih banyak digunakan sebagai kayu bakar, atau sebagai bahan pembuat kerajinan. Tidak banyak yang tahu, kalau sebenarnya batok yang dianggap tak banyak berguna itu memiliki khasiat untuk menyembuhkan sakit gigi.

Pengobatan sakit gigi menggunakan batok kelapa ini sebetulnya bukan barang baru. Nenek moyang kita dijaman dulu telah lama menggunakannya. Cuma, seiring berkembangnya ilmu pengobatan modern, pengobatan tradisional yang murah meriah ini mulai terpinggirkan.

Nah, karena itu tidak ada salahnya jika kita sebagai generasi penerus tradisi turut melestarikan kebiasaan positif itu. Salah satunya adalah dengan menularkan ilmu-ilmu pengobatan semacam ini kepada anak cucu kita.

Apalagi caranya juga sangat gampang. Kita cukup menyiapkan potongan batok dari kelapa yang sudah tua. Tidak perlu terlalu banyak, cukup separuh bagian saja atau setengah lingkaran. Kemudian arang kayu, atau kalau tidak ada pecahan batok kelapa juga boleh.

Kalau kedua bahan itu sudah ada, langkah selanjutnya adalah membuat semacam tungku kecil. Letakkan batok kelapa yang telah dibersihkan bagian sabutnya pada tungku itu, posisinya persis seperti kalau kita sedang memasak menggunakan wajan. Dengan bagian cekung menghadap keatas.

Persis dibawah batok itu, tempatkan sebuah wadah tahan panas. Bisa dari seng, alumunium, dan sebagainya. Yang penting tidak lumer tau pecah jika terkena cairan panas.

Kalau sudah, selanjutnya isi bagian cekung batok dengan arang atau pecahan batok. Tambahkan sedikit minyak tanah, dan bakar. Lamanya waktu pembakaran relatif. Namun yang pasti, harus dilakukan lakukan sampai bagian bawah batok mengeluarkan sejenis cairan berwarna coklat kehitaman.

Cairan itulah yang berkhasiat sebagai obat sakit gigi. Cara penggunaannya gampang, kita tinggal mencelupkan sedikit kapas kedalamnya dan taruh didalam lubang gigi yang terasa sakit. Gampang sekali kan ? selamat mencoba…*

No comments:

Post a Comment