Saturday, February 14, 2009

Liquid Smoke menjadi Asap Tepung

Pohon kelapa serbaguna, hal itu tidak berlebihan. Karena semua yang ada pada pohon kelapa mempunyai manfaat dan nilai ekonomi, salah satunya adalah batok kelapa untuk membuat liquid smoke. Cairan asap ini berwarna coklat pekat, dihasilkan dari proses pirolisi diperoleh hasil akhir setelah kondensasi berupa cairan pecan berwarna coklat.

Ternyata liquid smoke dapat berubah menjadi serbuk! sempat heran mengetahui ternyata asap cair dapar dirubah menjadi bubuk berwarna coklat yang keudian disebut tepung asap. Tepung asap mempunyai manfaat yang sama dengan liquid smoke yaitu sebgaia pengawet, biopestisida dan bahan baku pada industry pabrik karet.
Bentuk cairan asap dirubah menjadi berupa tepung akan memberikan kemudahan dalam mobilitas dan penyimpanan. Pada pembuatan tepung asap, digunakan media yang dapat mengadsorpsi asap cair yaitu maltodektrin. Kadar air maltodektrin sangat rendah sehingga dapat mengikat asar cair. Selain itu, maltodektrin mempunyai kelebihan lainya yaitu tidak bereaksi dengan senyawa kimia yang diikat, hanya berikata fisik, tidak terjadi reaksi kimia.
Bagaimana cara mempuat tepung asap?! langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut :
  • Menyiapkan tempurung/ batok kelapa
  1. Masukkan ke dalam tabung pirolisis
  2. Panaskan selama 5 jam pada suhu 4000C
  3. Dihasilkan arang, gas, dan cairan berwarna coklat (liquid smoke)
  4. Campurkan liquid smoke dengan maltodektrin dengan perbandingan 1:1
  5. Aduk hingga campuran rata
  6. Panaskan campuran liquid smoke dengan maltodekstrin dalam oven selama 8 jam dengan suhu 70-800C
  7. Setelah 8 jam campuran tersebut membentuk suatu Kristal kering
  8. Kristal berwarna coklat kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk
  9. Jadilah tepung asap.
Inspirasi merubah asap cair menjadi tepung yaitu banyaknya orang yang menyukai makanan yang dibakar, selain itu untuk membuat liquid smoke lebih praktis. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment